Karya Tulis

HAKIKAT KONTEMPLASI & PARADIGMA MAHASISWA

        Sebagai mahasiswa paradigma kita juga harus melihat sisi dalam yang tak terekspos, dalam segi ini saya mengambil konteks sejarah yang hampir terlupakan. Dialektika dari berbagai aksi dan reaksi aura sejarah yang masih terasa di era reformasi ini membuat para mahasiswa yang disebut menjadi motor pergerakan & perubahan bangsa ini harus peka terhadap hal tersebut. Tak lepas dari pro dan kontra suatu problem sejarah, bagaimana kita mengambil hikmah dan pelajaran yang berharga dari suatu polemik sejarah. Sebagai mahasiswa aktivis kita sering disebut mahasiswa radikal, liberal, dan rasis. Padahal kita tidak seperti itu kita hanya menghargai sejarah dari masa lalu dari segi baik maupun buruknya.

            Orasi dan demonstrasi adalah cara mahasiswa untuk peduli terhadap negeri ini dan berefleksi terhadap sejarah masa lampau untuk dijadikan pedoman bagi mahasiswa melalui jasa-jasa perjuangan para pahlawan di masa lampau. Sebagai mahasiswa kita juga tidak bersikap apatis, skeptis, dan hipokritis terhadap polemik yang diberbagai waktu selalu menimpa di Negara kita yang tercinta ini. Justru kita peduli dan mempunyai ekspetasi yang besar untuk perubahan di negeri ini.

            Pada zaman orde baru dulu di era 98 saat pak Harto masih menjabat menjadi presiden dan saat itu pak Harto sudah menjabat selama 30 tahun lebih dan itu merupakan pelantikan terakhir baginya. Yang saat itu Negara mengalami krisis yang sangat panjang terutama dari segi perekonomiannya, yang akhirnya menimbulkan polemik yang menyeret mahasiswa turun ke jalan dan berdemonstrasi. Berawal dari pergerakan mahasiswa dari Universitas Trisakti yang dikemudian diikuti mahasiswa dari berbagai universitas lain. Untuk meminta pak Harto mundur dari kursi kepresidenannya sebagai bentuk protes mahasiswa atas carut marutnya rezim kepemimpinan pak Harto yang berdampak pada rakyat Indonesia.

            Mengingat berbagai era pada periode rezim pemerintahan dan presiden dari waktu ke waktu sampai pada kontemporer ini, kita para mahasiswa harus berkontemplasi penuh dari regulasi-regulasi yang ada, proses dari perkembangan dialektika politik serta peran budaya baru dari sebuah Negara hukum seperti di Indonesia ini. Prospektif dari nilai positif yang berkembang dalam konteks kenegaraan bisa menjadi sebuah ekspetasi yang besar bagi rakyat Indonesia. Rakyat juga harus mempunyai keprerogatifan, otoritas, dan mekanisme yang baik dalam bermasyarakat.

            Makna dari nasionalisme yang hakikat sesungguhnya harus diseimbangkan dengan patriotisme karena dua konsep ini berparsial dan pastinya saling berkoheren. Bagaimana kita memahami lalu bertindak atas dasar cinta tanah air dari awal saat memahami ini dan berparadigma ke depannya dengan kemampuan kita sebagai warga dan rakyat Indonesia melalui simplisitas yang ada. Dan mencari dari kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran yang esensial dari formulasi yang baik.

           Ya itu tadi hanya gambaran peristiwa pada polemik dari awal masa lampau sampai kontemporer ini yang harus kita jadikan pelajaran semata semua bagi kita khususnya para mahasiswa, tak ada alasan untuk tidak mengetahui apa yang harus kita ketahui, jiwa nasionalisme dan patriotisme harus kita tanam betul pada jiwa kemahasiswaan kita, independen dalam idealisme dan tak bertendensi pada pihak kiri maupun kanan. Kata presiden pertama Indonesia kita Ir. Soekarno beliau mengatakan: “Bangsa yang besar adalah mereka yang tak melupakan jasa-jasa para pahlawannya.”, semoga dengan kata-kata Beliau tersebut kita menjadi sadar pentingnya kita untuk memahami Negara kita Negara Indonesia ini. Sekian dari saya, Salam Mahasiswa!!! Salam Rakyat Indonesia!!!.

Penulis : Farouq Syahrul Huda, Devisi Keilmuan HMJ HPI IAIN Surakarta

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s