Karya Tulis, Mahasiswa, NKRI, pemuda Indonesia

Peran Pemuda dan Mahasiswa

        Sebagai pemuda yang beragama dan bernegara dalam konteks bingkai Ke-bhinekaan maka sebagai pemuda kita harus tahu kapasitas kebutuhan kita untuk bergerak dan berdialektika terhadap kondisi suatu budaya, politik, ekonomi, maupun pendidikan. Pemuda dituntut untuk berfikir kritis, realistis dan moderat dalam menyikapi gejala sosial dan problematika masyarakat. Maka disitu peran nyata yang akan pemuda hadapi dalam konteks kehidupan mereka. Selama ini pemuda yang diharapkan adalah mereka para mahasiswa yang menjadi peran utama dalam penyambung lidah rakyat, agen of change dari kalangan pemuda mahasiswa yang mana mereka bergelut di organisasi ekstra kampus dan menjadi seorang mahasiswa aktivis ditengah-tengah maraknya mahasiswa apatis, menempa diri, berlatih menjadi pemuda yang idealis, mengolah intelektual kepala mereka hingga turun aksi untuk menegakkan harga diri suatu keadilan masyarakat dan rakyat.

            Yang menjadi pertanyaan yaitu, apakah mahasiswa sebagai pemuda sudah berperan penuh dalam hal beragama dan bernegara? Kata “pemuda” adalah sebuah kata yang sangat sakral sekali dalam berbagai aspek, negara kita Indonesia adalah negara yang termasuk berdiri karena peran pemuda. Salah satunya yaitu sang Proklamator dan sekaligus Presiden Pertama Ir. Soekarno yang diangkat menjadi presiden ketika umurnya masih muda yang membawa gagasan penting terhadap bangsa dan negara. Dengan mempunyai idealisme yang kuat pemuda bisa melakukan perubahan dan menjadi agen of change yang nyata di mata publik, bahkan kata Tan Malaka “Idealisme adalah kemewahan terakhir yang dimiliki oleh pemuda” ini menunjukkan betapa idealisme adalah hal yang sangat penting bagi pemuda yang beragama dan bernegara.

            Pemuda yang beragama adalah pemuda yang memiliki sikap dan akhlak yang baik lalu mampu menjadi seorang pemuda yang moderat tidak menitikberatkan ke salah satu pihak atau perkara dengan pemikiran yang rasional dan cerdas. Begitu pula menjadi seorang pemuda yang bernegara yang dimana pemuda memiliki paradigma nasionalisme dengan mengilhami nilai-nilai Pancasila tanpa mencoba ingin mengkhianati dan menghancurkan Pancasila dengan pemikiran kiri dan radikal, karena dari itu pemuda yang beragama dan bernegara mampu mempersatukan kedua kutub yang berbeda hingga terbentuknya pluralitas dalam berfikir yaitu pemikiran Ke-bhinekaan, berbeda-beda tetapi tetap satu. Mampu menyaring dan mempersatukan segala jenis pemikiran hingga menjadi sebuah pemikiran yang jernih dan tidak terlalu liberal.

            Struktur pemikiran pemuda dapat diketahui dalam pengalaman organisatoris mereka dalam hal memimpin ataupun menjadi seorang kader, contoh saja dalam kalangan Nahdlatul Ulama dalam organisasi pemuda seperti IPNU, IPPNU, PMII, maupun Gerakan Pemuda Ansor dimana jenjang organisasi mereka ada tingkatan tersendiri untuk menguji kapasitas intelektual mereka seperti PKD (Pelatihan Kader Dasar), PKL (Pelatihan Kader Lanjut) dan jenjang tingkatan yang lainnya, dimana kegiatan tersebut mampu menumbuhkan pemikiran pemuda yang lebih konsisten dan aplikatif dalam peran mereka sebagai pemuda yang beragama dan bernegara. Sehingga dalam kurun 10-20 tahun kedepan Indonesia akan menjadi negara adidaya yang kompetitif dan mampu menyeimbangi arus globalisasi yang ekstrim dengan gencaran imperialisme dan kapitalisme yang menjadi musuh utama kaum pemuda, jika pemuda mampu peka dengan keadaan modernitas maka eksploitasi pembodohan akan teratasi dan terhapuskan dari Indonesia di era kontemporer ini. Maka pemuda sebagai peran utama dalam penegak agama dan perubah bangsa sehingga menjadi satu dalam bingkai Ke-bhinekaan.

Penulis : Farouq Syahrul Huda, Devisi Keilmuan HMJ HPI IAIN Surakarta

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s